Salurkan Kecenderungan Anak Terhadap Gadget kepada Kegiatan Bermanfaat


Salurkan Kecenderungan Anak Terhadap Gadget kepada Kegiatan Bermanfaat

Anak yang terlahir di era teknologi dan informasi tentu tidak asing dengan penggunaan gadget. Hal ini bisa memberikan kebaikan juga sisi negatif apabila tidak diarahkan dengan baik. Lalu bagaimana cara untuk salurkan kecenderungan anak terhadap gadget kepada kegiatan bermanfaat? Jawabannya bisa didapatkan di Hadana Islamic School! Simak penjelasan selengkapnya disini…

Bismillah,

Beragam gadget yang muncul saat ini sudah menjadi sesuatu yang biasa di dalam kehidupan manusia zaman sekarang, termasuk juga bagi para anak-anak usia sekolah dasar dan menengah. Penggunaan gadget menjadi sesuatu yang lumrah dan biasa, bahkan dalam beberapa kegiatan pembelajaran penggunaan gadget senantiasa menjadi salah satu media ajar yang digunakan, terlebih saat pembelajaran online ketika wabah covid-19 melanda.

Walaupun wabah covid-19 telah berlalu, akan tetapi kebiasaan penggunaan gadget belum bisa dipalingkan dan dihilangkan, yang pada akhirnya membuat banyak anak memiliki kecenderungan yang besar terhadap penggunaan gadget, baik laptop, handphone, tablet, dan lain sebagainya.

Butuhnya Pengawasan Orang Tua dalam Penggunaan Gadget

Jika penggunaan gadget tersebut bisa dipantau oleh orang tua, maka keburukan yang berpotensi terjadi dari penggunaan gadget tersebut bisa diminalisir. Akan tetapi jika pengawasan orang tua kurang, akses yang tidak terbatas bagi anak, ditambah adanya koneksi internet yang bisa digunakan oleh anak untuk berselancar kesana kemari, disertai dengan maraknya situs-situs yang tidak bertanggungjawab yang menyuguhkan informasi yang belum layak untuk dikonsumsi oleh anak-anak, semua itu bisa berpotensi keburukan dan memberikan dampak tidak baik bagi pola fikir dan tumbuh kembang anak.

Tindakan Preventif terhadap Pengaruh Buruk Gadget

Menjauhkan penggunaan gadget dari anak secara ekstrim mungkin akan dirasa berat bagi sebagian orang tua, terlebih yang tidak tega dan terlalu kasihan disebabkan rasa kasih sayang yang dimiliki orang tua. Oleh karena itu, diperlukan tindakan preventif terhadap pengaruh buruk gadget dari kehidupan anak dengan beberapa langkah berikut:

  1. Mengurangi intensitas penggunaan gadget,
  2. Mengatur waktu penggunaan gadget,
  3. Membatasi akses yang dimiliki dalam penggunaan gadget,
  4. Menemani dan mengawasi selama anak menggunakan gadget,
  5. Menyalurkan kecenderungan terhadap gadget pada kegiatan yang bermanfaat.

Semua tindakan preventif di atas bisa dilakukan secara sekaligus atau memilih beberapa di antaranya. Tentunya diperlukan peran yang banyak dari orang tua demi kebaikan anak-anak kita.

Sarana Penyaluran Kecenderungan anak Terhadap Gadget

Bagi para orang tua yang ingin mendapatkan kemudahan agar anak bisa menyalurkan kecenderungan terhadap gadget kepada kegiatan yang bermanfaat, maka Hadana Islamic School memiliki kurikulum di dalam pengajarannya, yakni memberikan pelatihan keterampilan yang berhubungan dengan penggunaan gadget seperti komputer dan laptop.

Dengan mengusung tema “Dakwah Digital” Hadana Islamic School telah mempersiapkan kurikulum khusus dimana para siswanya diarahkan untuk memiliki beberapa keterampilan sebagai berikut:

  1. Coding (Bahasa Pemrograman),
  2. Desain dan Editing (gambar dan video)
  3. Photography dan Videography (perekaman video)
  4. Broadcasting (penyiaran kegiatan dakwah)
  5. Article Writing (penulisan artikel)
  6. Web Builder (pembuatan website)
  7. Dan lain-lain.

Semua keterampilan tersebut diarahkan agar siswa bisa memiliki potensi yang cukup dalam mendukung kegiatan dakwah secara digital, dimana perkembangan zaman dan teknologi menuntut hal tersebut sehingga dakwah yang dilakukan bisa menjangkau lebih luas kepada kaum Muslimin dimana pun berada.

Mengambil porsi sebanyak 20% dari keseluruhan kurikulum pendidikan di Hadana Islamic School yang dilaksanakan dalam 3 tahun pembelajaran in sya Allah cukup untuk memberikan keterampilan tersebut. Harapannya, ketika siswa sudah mendapatkan ilmu Diniyyah (ilmu keagamaan) yang cukup, dilengkapi dengan keterampilan bertema “Dakwah Digital”, mereka bisa mulai mengambil peran dalam dakwah untuk memberikan kebaikan bagi yang lain, tentunya dengan tetap mendapatkan bimbingan dan arahan dari para ahlul ilmi yang telah Hadana Islamic School siapkan sebagai tempat mereka berdiskusi dan berkonsultasi.

***

Demikianlah informasi singkat tentang cara salurkan kecenderungan anak terhadap gadget kepada kegiatan bermanfaat. Semoga dapat menjadi pertimbangan para orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya di lembaga pendidikan yang tepat.

Sampai jumpa, barakallahu fiikum.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PAGE TOP